Siswa SMAN 1 Jepara Juara Coding Competition

0
2211

Jumat (15/2) Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi alat penunjang kemudahan informasi sekaligus mendorong tumbuhnya kreasi aplikasi yang berkembang setiap saat. Demi menumbuhkan critical thinking sekaligus menumbuhkan minat untuk terjun ke dunia industri yang potensial kini, PT. Wahyu Promo Citra bekerjasama dengan Pustekkom Kemendikbud menyelenggarakan Edutech Coding Competition dalam gelaran Indonesia Edutech Expo 2019 pada tanggal 14-17 Februari 2019. Edutech Coding Competition merupakan sebuah kompetisi coding yang dikhususkan untuk siswa SMA/SMK sederajat (semua jurusan).

Sejak tanggal 20 Januari 2019, sebanyak 289 siswa telah mengikuti pendaftaran. Dan setelah mengumpulkan konsep aplikasi serta mengikuti pre-test online, sebanyak 30 siswa ditetapkan untuk maju ke kompetisi pada tanggal 15 Februari 2019.

Sejumlah hadiah menarik telah disiapkan oleh panitia, antara lain:
Juara I : Uang saku 10 juta rupiah + trofi + sertifikat
Juara II : Uang saku 7 juta rupiah + trofi + sertifikat
Juara III : Uang saku 5 juta rupiah + trofi + setifikat

Terdapat 6 hal yang menjadi komponen penilaian oleh tim juri, yaitu: inovasi, kesesuaian dengan konsep awal, tampilan, modifikasi mandatory, berfungsinya aplikasi, dan kecepatan pengerjaan.

Dari sana, sebanyak 6 hasil karya terbaik, mempresentasikan karya mereka di hadapan juri dan peserta lain. Muncul sebagai juara pada kompetisi ini adalah:

Juara Nama Kelas Asal Sekolah Propinsi Judul Aplikasi
I Ahmad Reihan Alavi X SMAN Jepara Jawa Tengah Karaktera
II Tofik Hidayat XI SMKN 1 Cibadak Jawa Tengah Leptops
III Farid Abdul Azis XII SMKN 1 Batam Kepulauan Riau Aplikasi PRemember

 

“Lomba ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketertarikan para siswa dalam pemrograman komputer. Sebagaimana kita tahu pemrograman komputer merupakan salah satu pilar dari revolusi industri 4.0. Kita berharap lomba ini dapat dilakukan secara reguler dan di tahun-tahun mendatang semakin meningkat kualitas dan kuantitasnya” ujar Gatot Pramono, M.PET Kepala Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web, Pustekkom Kemendikbud di sela-sela kompetisi.

Penulis: Maria Triyani

Berita ini juga dapat diakses di http://jardiknas.kemdikbud.go.id/2019/02/siswa-sman-1-jepara-juara-coding-competition