Pelayanan Prima Tim Jaringan Pustekkom Sukseskan RNPK 2019

0
1457

Suksesnya pelaksanaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo tak lepas dari kerjasama tim antar satker yang ada di Kemendikbud. Pustekkom Kemendikbud juga ikut serta dalam menyukseskan pelaksanaan RNPK 2019 mulai dari pembuatan aplikasi pendaftaran peserta, pembuatan website dan tentunya mendukung siaran langsung TV Edukasi.

Dibalik semua itu, ada sebuah tim yang selalu bersiap siaga agar koneksi jaringan internet yang cepat dan lancar yang menjadi kebutuhan utama dalam menopang pemanfaatan TIK selama pelaksanaan kegiatan ini.

Tugas inilah yang diemban secara khusus oleh Bidang Pengembangan Jejaring yang sudah melakukan persiapan sejak satu bulan sebelum pelaksanaan, mulai dari identifikasi kebutuhan di lokasi, mendesain topologi jaringan dan juga besaran bandwith yang dibutuhkan selama pelaksanaan ini.

Seperti yang dikatakan Koordinator Tim Jaringan RNPK 2019, Edhy T. Ginulywan bahwa jumlah personil yang terlibat sebanyak 10 orang yang terbagi dalam tim teknis dan aplikasi. Kesungguhan dalam memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan internet selama RNPK menjadi komitmen bersama para anggota tim.

“Selama kegiatan kita melakukan monitoring jaringan. Sesuai dengan komitmen kita agar dapat bertindak sebelum ada yang teriak. Kita mengedepankan pelayanan prima dan orientasi mutu sehingga pelaksanaan RNPK 2019, zero complain dalam memenuhi kebutuhan internet,” kata Eddy yang juga mengucapkan terima kasih atas komitmen anggota tim yang terlibat.

Berkat dari pelayanan yang diberikan para peserta dapat dengan mudah mengakses internet selama pelaksanaan RNPK 2019. Seperti yang dikatakan M. Tony Setiawan adanya koneksi internet yang cepat dan lancar telah memudahkan peserta dalam beraktivitas.

“Peserta dapat mengakses berita dan layanan-layanan yang ada di acara rembuknas antara lain layanan registrasi, live streaming TV Edukasi dan mendukung  layanan masing-masing satker yang ada di pameran,” ujar Tony.

Itulah hasil kerja keras dan kolaborasi yang dilakukan Bidang Pengembangan Jejaring selama pelaksanaan RNPK 2019. Seperti yang dikatakan M. Hasan Chabibie, Kepala Bidang Pengembangan Jejaring yang turut bersyukur dapat menyukseskan hajat besar Kemendikbud ini.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar, sebenarnya tidak ada yang sulit, kita tim, saling bekerjasama, bekerja keras, disiplin dan menguatkan komunikasi satu sama lainnya,” ujar Hasan didampingi Kasubid Pengembangan dan Pemeliharaan, Aries Setio Nugroho selaku penanggungjawab dari tim jaringan.

Keberhasilan Pustekkom dalam menjalankan peran mendukung layanan TIK selama RNPK 2019 berlangsung tak lepas dari peran Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto, Ph. D yang ikut terjun langsung memastikan kebutuhan TIK dapat terpenuhi.

“Saya bersyukur adanya kolaborasi antar bidang di Pustekkom dalam pelaksanaan RNPK 2019 tahun ini,” kata Gogot.

Penulis: Mgs. Fisika Fikri
Editor: Maria Triyani. P

Berita ini juga dapat dibaca di http://jardiknas.kemdikbud.go.id/2019/02/pelayanan-prima-tim-jaringan-sukseskan-rnpk-2019/