Puluhan Ribu Siswa Siap Ikuti KIHAJAR STEM 2020

0
3802

Ratusan pemangku kepentingan yang terdiri atas Kepala dan Jajaran Dinas Pendidikan, Balai/ UPTD Tekkomdik dari 34 propinsi di seluruh Indonesia, menghadiri kegiatan sosialisasi KIHAJAR STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada Selasa, 4 Agustus 2020 secara daring. Saat ini, sudah terdapat 20 ribuan peserta didik, calon peserta KIHAJAR STEM yang akan dimulai pada 9 Agustus nanti.

Merekalah nantinya yang akan menjadi Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR). Generasi yang memiliki kompetensi abad 21, dengan kekhasan pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari. GEN KIHAJAR  adalah mereka siswa-siswi yang telah turut serta dalam KIHAJAR, “Kita Harus Belajar”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin Kemdikbud) ini dimaksudkan sebagai upaya koordinasi dan peningkatan jumlah pendaftar KIHAJAR STEM yang masih dibuka hingga 6 Agustus 2020 melalui laman tve.kemdikbud.go.id.

Program KIHAJAR yang diluncurkan oleh plt. Kepala Pusdatin Kemdikbud, M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si. pada event Hari Anak Nasional, 23 Juli lalu terdiri 3 varian yaitu KIHAJAR STEM, KIHAJAR Explorer, dan KIHAJAR TIK Talks.

Pada KIHAJAR STEM, peserta akan mengerjakan soal–soal berbasis STEM secara serentak pada 9 Agustus 2020, untuk fase KIHAJAR Basic melalui aplikasi Quizizz sebagai media partner penyelenggaraan KIHAJAR. KIHAJAR STEM memiliki 4 fase yakni Basic, Intermediate, Advance, & Final. Peserta terbuka bagi siswa berbagai jenjang pendidikan, baik tingkat SD, SMP, SMA, maupun SMK, serta dapat juga diikuti oleh pelajar tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Tidak hanya pelajar dalam negeri, namun pelajar yang bersekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) pun dapat mengikutinya.

KIHAJAR EXPLORER diselenggarakan mulai Jumat, 24 Juli 2020 dan akan hadir setiap hari hingga rangkaian pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020 berakhir pada bulan Oktober 2020. KIHAJAR EXPLORER hadir melalui akun Instagram @tvedukasi_kemdikbud. Akan ada pertanyaan baru setiap harinya dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi, maupun Radio Suara Edukasi. Jawaban peserta dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan unggahan pertanyaan di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

KIHAJAR TIK Talks merupakan wujud apresiasi terhadap daerah yang  berpartisipasi terbanyak dalam KIHAJAR STEM, sekaligus dalam optimalisasi penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi, dan Suara Edukasi. Kegiatan ini juga mengangkat isu permasalahan pendidikan daerah, yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi pendidikan, ahli pembelajaran, dan juga Pengembang Teknologi Pembelajaran. Peserta dari kegiatan KIHAJAR TIK Talks ini adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, komunitas pendidik, maupun orangtua murid. Pelaksanaan KIHAJAR TIK Talks akan dimulai pada minggu kedua bulan Agustus 2020, dengan berkolaborasi dari Balai Teknologi Komunikasi (Balai Tekkom), Dinas Pendidikan Provinsi, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang berada di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Penulis: Indah Sekarloka

Editor: Wibowo Mukti/ Amar Nugraha