64.555 Siswa-Siswi GEN KIHAJAR Antusias Nyalakan Api Pendidikan Indonesia

0
1882

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR)

GEN KIHAJAR adalah sebutan bagi siswa-siswi yang turut serta dalam Kompetisi “Kita Harus Belajar” (KIHAJAR). Formula baru yang digunakan dalam kompetisi KIHAJAR di tahun 2020 ini bertujuan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan memiliki kompetensi abad 21.

Terlebih lagi GEN KIHAJAR sangat dekat dalam pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari. Hal ini dikarenakan GEN KIHAJAR, generasi yang dikenal sebagai generasi digital native, yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai, dan Internet.

KIHAJAR STEM BASIC

KIHAJAR STEM BASIC merupakan proses tahap awal dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics.

Ditengah Pandemi COVID-19, KIHAJAR STEM BASIC diikuti sebanyak 64.555 Peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK. Peserta terdiri dari 63.635 pelajar dari seluruh wilayah Indonesia dan 920 peserta berasal dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Tujuan pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC yaitu sebagai seleksi tahap pertama dalam rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM.

Peserta akan mengerjakan soal sebanyak 20 soal dengan materi terdiri dari Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. Peserta akan mengerjakan soal melalui aplikasi QUIZIZZ dengan durasi waktu mengerjakan selama 90 Menit. Setiap soal memiliki durasi waktu mengerjakan berbeda dengan soal lain, tergantung dari tingkat kesulitan soal.

Pendaftaran KIHAJAR STEM BASIC telah dibuka melalui laman tve.kemdikbud.go.id.  sejak KIHAJAR tahun 2020 di luncurkan (Launching) pada tanggal 23 Juli 2020 yang bertepatan denga Hari Anak Nasional.

Tingginya animo GEN KIHAJAR dalam mengikuti KIHAJAR STEM BASIC diharapkan dapat menjaga nyala api pendidikan di Indonesia.  KIHAJAR STEM BASIC dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran.

Proses pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC ini juga disiarkan secara langsung melalui siaran TV Edukasi, Radio Suara Edukasi serta juga di kanal YouTube Televisi Edukasi, Facebook Live Tvedukasi Kemdikbud, Instagram tvedukasi_kemdikbud. Dengan menghadirkan dialog dengan pakar Pendidikan STEM (Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics.), penampilan aksi dari GEN KIHAJAR, KIHAJAR EXPLORER interaktif dan masih banyak lagi.

Melalui pelaksanaan KIHAJAR akan menciptakan GEN KIHAJAR yang memiliki karakter Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila.

PANITIA KIHAJAR STEM

 

TAHAPAN PELAKSANAAN KIHAJAR STEM BASIC

 Peserta dibagi menjadi 3 (tiga) sesi pelaksanaan pada hari Minggu, 9 Agustus 2020 dengan waktu sebagai berikut :

  • Sesi 1 : Pukul 08.30 – 10.00 WIB
  • Sesi 2 : Pukul 11.00 – 12.30 WIB
  • Sesi 3 : Pukul 13.30 – 15.00 WIB

Masing – masing sesi akan diikuti lebih dari 20.000 peserta dari seluruh jenjang Pendidikan baik itu SD, SMP, SMA, SMK dan sederajatnya baik dari pelajar yang mendaftar dari dalam negeri maupun pelajar dari Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Peserta dari masing – masing jenjang dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 4500 peserta dalam 1 kelompok. Peserta dapat melihat kelompoknya dengan cara login ke akun peserta melalui laman kihajar.kemdikbud.go.id. Peserta juga diwajibkan bergabung ke dalam grup TELEGRAM sebagai sarana distribusi informasi dari panitia.

Penilaian peserta akan dinilai melalui presentase akurasi jawaban dari masing – masing soal, bagi siswa yang berhasil melewati nilai minimum yang telah ditetapkan pantia maka berhak ke tahapan selanjutanya di KIHAJAR STEM Intermediate yang diselenggarakan pada Minggu, 23 Agustus 2020.

Peserta yang berhasil melaju ke tahapan berikutnya akan diumumkan oleh panitia pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 melalui laman tve.kemdikbud.go.id. Peserta yang berhasil akan mendapatkan sertifikat digital, dan peserta yang tidak memenuhi nilai minimum yang telah ditetapkan maka akan gugur.