Menengok Semangat Anggota DWP Kemhan Belajar Gunakan Aplikasi Vicon

0
933

Pusdatin Kemhan, Jakarta (22/3) – Dalam masa pandemi Covid-19 ada tuntutan baru terhadap penguasaan teknologi komunikasi dan digital. Oleh karenanya pengaplikasian atau penggunaan teknologi untuk penyelenggaraan pertemuan atau rapat secara daring melalui video conference menjadi suatu kebutuhan dan keharusan saat ini. 

Demikian diungkapkan Ketua DWP Kemhan Ibu Yayuk Donny Ermawan saat membuka Pelatihan Teknis Pengelolaan Video Conference Aplikasi CloudX dan Zoom bagi personil Kemhan dan DWP Kemhan, Senin (22/3), di Jakarta. Pelatihan yang berlangsung tanggal 22-23 Maret 2021, diselenggarakan DWP Kemhan bekerjasama dengan Pusdatin Kemendikbud.  

Dalam kesempatan tersebut dikutip dari website Kemhan, Ketua DWP Kemhan berharap ilmu yang didapat melalui pelatihan ini dapat bermanfaat baik bagi organisasi maupun lingkungan sekitar. 

Suasana pembukaan pelatihan. Sumber gambar : kemhan.go.id

Inisiatif ini merupakan kerjasama dengan Pusdatin Kemendikbud diawali dengan  istri dari Wamenhan yang baru, Letjen M. Herindra, yakni Metty Herindra, yang sebelumnya adalah Ketua Harian Pengurus Pusat Yayasan Dharma Pertiwi dan telah terbiasa kita layani di berbagai acara webinar mereka yang menggunakan standar Pusdatin Kemdikbud.

Tim Pusdatin Kemendikbud melatih tim IT di lingkungan Kementeria Pertahanan (Kemhan) dilakukan selama dua hari Senin – Selasa, 22-23 Maret 2021 dengan harapan agar SDM menjadi terampil dalam pemanfaatan TIK dan bisa menyelenggarakan lebih banyak event ke depannya, dengan standar yg telah biasa dilaksanakan oleh Pusdatin Kemdikbud.

Senada dengan hal tersebut Plt. Kapusdatin Kemendikbud Dr. Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si. selaku penyelenggara mengatakan kemajuan teknologi informasi memaksa kita untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi informasi. 

Dalam pelaksanaannya, Tim Pusdatin Kemdikbud menghadapi tantangan yang mana Tim Pusdatin Kemenhan beserta seluruh jajaran eselon 1 di Kemhan, telah terbiasa menggunakan CloudX, bukan aplikasi Zoom, dengan alasan isu keamanan jika menggunakan aplikasi virtual meeting di luar CloudX. 

Ibu-ibu angota DWP Kemenhan berserta perwakilan Tim IT menyimak papran narasumber

Oleh karena itu, Tim Pusdatin Kemdikbud pun harus sedikit bekerja dan belajar ekstra untuk menyesuaikan permintaan mereka, yakni penyelenggaraan webinar yang profesional, dengan menggunakan CloudX.

 

 Di hari pertama pelatihan membahas mengenai pengenalan penyelenggaraan webinar dengan aplikasi video conference (ZOOM, CloudX), best practice (pengalaman penyelenggaraan webinar oleh Pusdatin). Dilanjutkan dengan pengenalan konfigurasi teknis sistem broadcasting video conference dengan aplikasi video conference (Zoom, CloudX). 

Di hari kedua, pihak Pusdatin Kemendikbud, Nur Malik Maulana bersama M. Totok Prabowo, memberikan materi tentang pengaturan webinar dengan menggunakan multicam, video switcher, dan green screen. Peserta diberikan wawasan yang lebih luas, bahwa menggunakan Zoom maupun CloudX, kita bisa menyelenggarakan webinar profesional, dengan pengaturan lebih lanjut.

Nur Malik Maulana salah satu narasumber dari Pusdatin Kemendikbud menyampaikan materinya

Tak hanya itu pelatihan juga diberikan secara teknis dalam pemanfaatan alat pendukung seperti menggunakan kamera dan mic internal maupun menggunakan perangkat eksternal, seperti Aver, untuk satu set kamera, microphone, dan speaker eksternal. 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan kamera-kamera eksternal dalam jumlah yang banyak, serta suara dari microphone eksternal untuk bisa diolah di Zoom/CloudX, dan menghasilkan gambar dan suara yg lebih bagus dan terlihat profesional.

Dalam pelatihan ini hadir sebagai peserta yaitu perwakilan pengurus dan anggota DWP Kemhan, Pusdatin Setjen Kemhan, Biro Humas dan Bagian Datin di lingkungan Kemhan.

Praktik dan pengenalan perangkat eksternal juga dilakukan narasumber Priyo T Wahadian (Jaket Merah) Pusdatin Kemendikbud disimak para peserta

Sumber : kemhan.go.id

Tim Artikel Pusdatin Kemendikbud : Mgs. Fisika Fikri, Maria Triyani, dan Renny Pebriyanti

Pewarta/Gambar : M. Totok Prabowo