Dukung Keamanan Layanan SPBE, EduCSIRT Kemendikbudristek Siap Gelar Bug Bounty

0
842

Sebagai upaya peningkatan keamanan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Pusdatin Kemendikbudristek melalui tim Education Computer Security Incident Response Team (EduCSIRT) menggelar event Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 dengan tema Share & Protect yang akan dilaksanakan pada 27 Juni-8 Juli 2022.

Tema Share & Protect pada kegiatan yang digelar pertama kalinya ini bertujuan untuk mengajak para pencari bug (Bug Hunter) ikut terlibat dalam mencari celah keamanan pada layanan elektronik yang sudah ditentukan Tim EduCSIRT dan pengelola layanan elektronik di lingkungan Kemendikbudristek dengan cepat, sehingga memudahkan pengelola layanan dalam melakukan mitigasi dan menutup celah keamanan demi menyempurnakan layanan elektonik yang digunakan dalam dunia pendidikan dan kebudayaan.

Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 sengaja dikhususkan bagi insan pendidikan mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Hal ini dikarenakan Bug Bounty Kemendikbudristek memiliki tujuan tak sekedar menemukan celah keamanan seperti yang diselenggarakan organisasi/lembaga yang melibatkan bug hunter dari kalangan profesional, namun kegiatan ini juga diharapkan dapat mewadahi bug hunter dari kalangan insan pendidikan untuk berkontribusi dan melatih kemampuannya di bidang keamanan informasi.

“Harapannya kegiatan ini dapat membentuk komunitas bug hunter dari insan pendidikan yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi yang peduli terhadap keamanan informasi pada layanan pendidikan dan kebudayaan yang ada di lingkungan Kemendikbudristek,” ujar Kapusdatin Dr. M. Hasan Chabibie.

Untuk mengikuti kegiatan ini peserta dapat mendaftar melalui laman https://amanbersama.kemdikbud.go.id/ hingga tanggal 24 Juni 2022. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini harus memenuhi persayaratan yang telah ditentukan panitia seperti di bawah ini :

  1. Membaca, menyetujui syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan serta mendaftarkan diri sebagai peserta
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Berdomisili di wilayah Republik Indonesia
  4. Peserta bersifat individu tidak mewakili institusi
  5. Peserta merupakan siswa, mahasiswa, guru atau dosen aktif dan terdaftar ke dalam sistem Dapodik/PD DIKTI
  6. Peserta bukan keluarga langsung pegawai Kemendikbudristek
  7. Peserta bukan tim pengembang atau pengelola pada aplikasi target
  8. Usia minimal 17 tahun

Ikuti Webinar Bug Bounty

Untuk menyemarakkan pelaksanaan Bug Bounty 2022, panitia pelaksana menginisiasi Webinar Bug Bounty Kemendikbudristek 2022 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 22 Juni 2022 mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Webinar ini diharapkan dapat membantu calon peserta yang ingin mengetahui lebih lanjut persyaratan-persyaratan untuk mengikuti kegiatan Bug Bounty. 

Melalui materi yang disampaikan dari narasumber,  nantinya para peserta webinar dapat mengetahui langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang Bug Hunter, apa saja yang tanggung jawab dari seorang Bug Hunter, hingga peran seorang Bug Hunter dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Webinar yang diperuntukan bagi insan pendidikan mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dan dosen dapat diikuti dengan mendaftar pada tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/webinarbugbounty2022.

Penulis: Mgs. Fisika Fikri

Editor: Ajeng Dika F.