Simposium Pengembang Teknologi Pembelajaran 2019 : PTP Berkarya untuk Negeri

0
2658

Sejalan dengan tugas dan fungsinya selaku instansi pembina Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (Jabfung PTP), Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom Kemendikbud) kembali menggelar Simposium Regional Jabfung PTP pada Senin s.d Rabu, 24 s.d 26 Maret 2019 di Hotel Crowne Plaza, Jakarta.  Dengan tema “PTP Berkarya untuk Negeri: Memfasilitasi Pembelajaran Inovatif di Era Industri 4.0”. Acara tahunan ini dibuka secara resmi oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Pustekkom Kemendikbud mengundang secara terbuka, seluruh pegawai PNS dengan jabfung PTP di seluruh lembaga/instansi pemerintah di Indonesia. Dengan adanya simposium ini, diharapkan terjadinya sinergi dengan saling berbagi pengalaman dan wawasan terkait perkembangan teknologi dan konten untuk pembelajaran.  Atau bertukar pengetahuan mengenai hasil kajian dan gagasan serta analisis di bidang pengembangan teknologi pembelajaran. Selanjutnya, Pustekkom Kemendikbud juga menargetkan atasan langsung PTP yang bersangkutan, selaku wakil dari lembaga/instansi untuk hadir dalam acara ini.

Mendikbud menyampaikan bahwa Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id) merupakan wujud nyata dari Pustekkom dalam mengoptimalkan media atau portal pembelajaran terhadap pendidikan.

“Dengan adanya simposium ini, para UPT dan PTP bisa lebih kreatif dan inovatif dengan menghasilkan model pembelajaran berbasis TIK serta memperhatikan konten pembelajaran bagi anak anak Indonesia agar mendapatkan konten yang lebih bermanfaat”, ujar Muhadjir.

Tujuan utama dari Simposium Regional Jabfung PTP tahun ini adalah terbinanya kinerja pejabat fungsional PTP, pemahaman terhadap peluang dan tantangan PTP untuk memfasilitasi pembelajaran yang inovatif bagi generasi milenial, pemahaman dalam pelaksanaan tugas-tugas PTP dengan program kerja lembaga/instansi masing-masing, peningkatan kualitas produk-produk pengembangan teknologi pembelajaran, serta kiat-kiat PTP dalam kegiatan pengembangan teknologi pembelajaran.

Penulis: Ajeng Dika Fortuningtyas

Editor: Hendri Puspa Martasari