Siaran Pers: Transformasi Total KIHAJAR Pacu Kompetensi Siswa-Siswi GEN KIHAJAR

0
5982

Persembahan Generasi KIHAJAR untuk Indonesia hadir dalam wujud pelaksanaan Kita Harus Belajar atau disebut KIHAJAR tahun 2020. Event tahunan yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2006 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini bertransformasi untuk memacu kompetensi GEN KIHAJAR.

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) adalah mereka siswa-siswi yang telah turut serta dalam “Kita Harus Belajar”. Mengembangkan ketrampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 adalah tujuan utama dari pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020. Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari – hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR . Generasi yang dikenal sebagai generasi Digital Native yaitu generasi yang dimana mereka yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan Internet.

Mengikuti perkembangan tersebut, KIHAJAR tahun 2020 bertransformasi total dalam penyelenggaraanya tahun ini. Transformasi ini diharapkan dapat semakin memacu kompetensi para GEN KIHAJAR untuk siap menjadi generasi yang memiliki kompetensi abad 21. Transformasi itu terdiri dari :

  1. LOGO

Tahun 2020 logo KIHAJAR bertransformasi kepada logo baru, dengan memiliki makna

  • Logo berbentuk manusia : siswa – siswi, simbol keceriaan, aktivitas dan semangat belajar.
  • Warna Biru : mencerminkan keramahan, kepedulian, konservasi dan kemajuan teknologi.
  • Teks KIHAJAR : Akronim dari Kita Harus Belajar,
  • Bentuk lingkaran/ bulatan : Simbol kebersamaan dan kebulatan tekad untuk bersama menyukseskan KIHAJAR dengan prestasi, Mandiri dan TIK.

2. VARIAN

KIHAJAR hadir dengan 3 varian baru, dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi, KIHAJAR tahun 2020 terdiri dari:

  • KIHAJAR STEM

Merupakan wadah eksplorasi siswa seluruh jenjang melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering and Mathematics.

KIHAJAR STEM memiliki 4 fase yakni Basic, Intermediate, Advance & Final. Peserta terbuka untuk seluruh jenjang baik tingkat SD, SMP, SMA & SMK. Serta dapat juga diikuti oleh pelajar tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah. Tidak hanya pelajar dalam negeri bisa mengikuti, namun pelajar yang bersekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) juga dapat mengikutinya.

Tujuan pelaksanaan KIHAJAR STEM  yaitu sebagai media sosialiasi produk RUmah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi, selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan Literasi, motivasi dan Pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran.

Pendaftaran peserta KIHAJAR STEM sudah dibuka bersamaan dengan waktu Launching KIHAJAR yakni pada Kamis, 23 Juli 2020 dengan mengakses https://tve.kemdikbud.go.id pendaftaran peserta akan ditutup pada tanggal 6 Agustus 2020.

Dalam penyelenggaraan KIHAJAR STEM PUSDATIN berkolaborasi dengan Quizizz sebagai media partner penyelenggaraan. Tahapan ini akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2020 untuk fase KIHAJAR BASIC.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan KIHAJAR STEM dapat mengikuti akun Instagram tvedukasi_kemdikbud.

  • KIHAJAR EXPLORER

Merupakan Wadah eksplorasi siswa dari berbagai jenjang memanfaatkan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

KIHAJAR EXPLORER diselenggarakan pada Jumat, 24 Juli 2020 dan akan hadir setiap hari hingga rangkaian pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020 berakhir pada bulan Oktober 2020.

KIHAJAR EXPLORER hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi. Jawaban peserta dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaanya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

Peserta yang boleh mengikuti KIHAJAR EXPLORER  terbuka untuk semua jenjang Pendidikan baik di dalam negeri maupun siswa Indonesia di luar negeri.

Salah satu tujuan pelaksanaan KIHAJAR EXPLORER  yaitu sebagai media sosialisasi sekaligus mengakselerasi pemanfaatan konten Pendidikan yang dimiliki Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

  • KIHAJAR TIK Talks

Wujud apresiasi terhadap daerah terbanyak berpartisipasi dalam KIHAJAR STEM, sekaligus Optimalisasi Penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Kegiatan ini juga mengangkat isu permasalahan Pendidikan daerah, yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi Pendidikan, ahli pembelajaran dan juga pengembang teknologi pembelajaran.

Tujuan diselenggarakanya KIHAJAR TIK Talks meningkatkan kemampuan literasi pemanfaatan TIK, Kemandirian dalam pengembangan TIK untuk Pendidikan dan sebagai sarana sosialisasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

Peserta dari kegiatan KIHAJAR TIK Talks ini adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, komunitas pendidik maupun orangtua murid.

Pelaksanaan KIHAJAR TIK Talks akan dimulai pada minggu kedua bulan Agustus 2020. Dengan berkolaborasi dari Balai Teknologi Komunikasi (Balai TEKKOM), Dinas Pendidikan Propinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang berada di 34 propinsi seluruh Indonesia.

 1.MEKANISME

Keseluruhan pelaksanaan KIHAJAR STEM, EXPLORER dan TIK Talks dilakukan secara daring. Sehingga dengan demikian pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran dapat dilakukan secara luas.

Persembahan Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR)  dimulai dengan menyelenggarakan kegiatan LAUNCHING KIHAJAR Tahun 2020, yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Juli 2020.

Acara LAUNCHING KIHAJAR  ini disiarkan langsung melalui media sebagai berikut :

  1. TV Edukasi yang dapat diakses melalui satelit Telkom dan juga mitra TV Edukasi yang terdiri dari Usee TV, Vidio.com, Maxstreeam Telkomsel, RCTI+, Life Media Jogja, TV KU Semarang, Batik TV Pekalongan, BJTV Cirebon dan Toba TV.
  2. YouTube, Televisi Edukasi dan Rumah Belajar
  3. Facebook, Kemdikbud RI, TV Edukasi Kemdikbud & Pustekkom Kemdikbud.
  4. Instagram, tvedukasi_kemdikbud
  5. Aplikasi Televisi Edukasi berbasis Android.

Acara LAUNCHING KIHAJAR tahun 2020 akan dimulai pada pukul 15.00 WIB, dengan menghadirkan Generasi Kihajar dari seluruh jenjang Pendidikan, serta juga akan hadir penampilan khusus Pembacaan puisi dan Pantonim dari siswa SDLB Cicendong Bandung.

LAUNCHING KIHAJAR tahun 2020 akan dilakukan oleh plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN KEMDIKBUD) MuhamadHasan Chabibie, S.T.,M.Si. dan disaksikan juga oleh Balai Tekkom, Dinas Propinsi dan LPMP dari 34 Propinsi dari seluruh Indonesia.

TIM KIHAJAR 2020