Sempurnakan Implementasi SPBE di Kemendikbudristek, Pusdatin Gelar JIIP 2022

0
123

Jakarta (9/11) – Guna meningkatkan kualitas implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kemendikbudristek, Pusdatin Kemendikbudristek menggelar kegiatan Workshop Koordinasi Jaringan Intra Instansi Pusat-Kemendikbudristek wilayah Barat yang  digelar pada tanggal 13 – 15 Oktober 2022 yang lalu di Hotel Ra Suites Simatupang.

Sebanyak 142 peserta yang merupakan pengelolan LAN Satker  perwakilan dari Unit Utama dan Satuan Kerja Kemendikbudristek dari 14 Provinsi berkumpul guna memiliki kesepahaman untuk meningkatkan kualitas implementasi SPBE di lingkungan Kemendikbudristek. Terlebih lagi saat ini Pusdatin Kemendikbudristek telah menginisiasi keluarnya Permendikbudristek Nomor 8 Tahun 2022 tentang  istem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kemendikbudristek.

Adapun yuang lingkup kebijakan SPBE yang diatur, meliputi: tata kelola; manajemen; audit teknologi informasi dan komunikasi; penyelenggara; serta pemantauan dan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kementerian yang diselenggarakan penataan dan pengelolaan secara terpadu.

Aries Setio Nugroho dalam sambutannya mengatakan, tujuan didakan kegiatan JIIP ini juga dikarenakan adanya dampak reorganisasi di tubuh Kemendikbudristek. Sehingga kegiatan ini juga menjadi sarana bagi Pusdatin mendapatkan informasi terkait pengelolaan Aset TIK, dan SDM pada UPT Kemdikbud terdampak reorganisasi.

“Tujuan dari kita berkoordinasi dalam forum ini juga guna mendapatkan informasi terkait Kebutuhan LAN Satker 2023. layanan yang diampuh serta SDM yang ada pasca adanya reorganisasi ini (node dan besaran bandwidth),” ujar Aries, Koordinator Susbtansi Tata Kelola TIK, Pusdatin Kemendiikbudristek.

Sementara Kapusdatin Kemendikbudristek, Dr. M. Hasan Chabibie juga mengatakan dalam sambutannya adanya transformasi digital harusnya menjadikan setiap satker untuk mengedepankan pelayanan berbasis elektronik.

“Kita belum menempatkan digitalisasi sesuatu yang wajib pada akhirnya diikuti dengan quality of service yang baik. Selama tiga hari ini kita akan berdiskusi karena saya yakin kita yang ada disini ditugaskan untuk mengawal digitalisasi ke gerbang yang paling depan,” tandas Hasan.

Pusdatin selaku pengelola SPBE Kementerian, telah melaksanakan Assesmen Jaringan IIP Kemdikbudristek di 11 (sebelas) lokasi untuk mendapatkan potret pemanfaatan LAN Kemdikbud 2022 dan melakukan identifikasi kebutuhan LAN Kemdikbud pada Satker yang terdampak re-organisasi dan re-strukturisasi. Koordinsi JIIP ini juga dselenggarkan bagi Satuan Kerja Kemendikbudristek Wilayah Tengah dan diakhiri dengan  Koordinasi JIIP Wilayah Timur pada awal November 2022.

Penulis: Tim Publikasi Substansi Tata Kelola TIK

Pusdatin Kemendikbudristek.