Sambut Fase New Normal, Diskusi Wantiknas ke-14 Dorong Transformasi Digital

0
1780

Diskusi Dewan TIK Nasional (Wantiknas) Edisi ke-14 dihadiri langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, beserta anggota Wantiknas lainnya. Dimoderatori langsung oleh Ketua Tim Pelaksana Wantikas, Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, MBA, dengan tema diskusi  Langkah Strategis Transformasi Digital Sebagai Fundamental Kondisi Kenormalan Baru (New Normal)”

Berdasarkan data Mobile Marketing Association (www.mmaglobal.com, 2020) dapat disimpulkan tiga hal yang dilakukan masyarakat selama #Dirumahaja diantaranya,  terjadi peningkatan dalam pemanfaatan televisi, meningkatnya akses konten digital,  dan terjadi peningkatan kompetensi diri. Perubahan gaya hidup semakin digital dipredisi akan terus berlanjut saat kondisi kondisi kenormalan baru.

Dalam diskusi yang dihadiri multi stakeholder anggota Wantiknas, Bappenas juga memaparkan empat kondisi yang akan terjadi dalam kenormalan baru di Indonesia. Solidaritas sosial yang semakin meningkat didorong dengan banyaknya korban COVID-19, pemanfaatan media digital, kegiatan di rumah dan perubahan dasar piramida masyarakat yang sebelumnya berfokus pada aktualisasi diri kini akan lebih mengarah pada dasar piramida seperti kesehatan dan pendidikan.

Untuk itu, perlu kerjasama multi stakeholder agar budaya baik yang dilakukan masyarakat selama pandemik COVID-19 dapat berkesinambungan pada kondisi kenormalan baru. Diskusi yang berlangsung 60 menit pada Kamis, 14 Mei 2020 ini menghasilkan rekomendasi langkah strategis transformasi digital yang terdiri dari :

  • Memastikan ketersediaan dan kualitas infrastruktur jaringan internet serta pasokan listrik terjaga
  • Penguatan aplikasi lokal pendukung komunikasi jarak jauh antar instansi Pemerintah terutama dalam aspek peningkatan keamanan siber
  • Optimalisasi pemanfaatan TIK untuk mendukung aktivitas masyarakat di bidang kesehatan,pendidikan, bisnis,dll.

Untuk membaca hasil rekomendasi Diskusi Wantiknas ke-14, anda dapat membaca selengkapnya pada lampiran berikut ini.

20200513_Rekomendasi Wantiknas v6

Penulis: Mgs. Fisika Fikri

Editor: Hendri Puspa Martasari