MembaTIK 2021 Perkaya Bahan Ajar Berbasis TIK

0
1346

Jakarta, (26/11) – Membuat bahan ajar berbasis TIK (MembaTIK) merupakan ajang membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum.

Melalui MembaTIK peserta diharapkan dapat membuat bahan ajar berbasis TIK yang menarik, kreatif, dan interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari peserta didik.

Kategori media  untuk MembaTIK 2021 meliputi Augmented Reality, Gim Edukasi, Laboratorium Maya dan Motion Graphics.  Pendaftaran dan unggah karya MembaTIK 2021  dimulai dari 21 Juni sampai dengan 21 Oktober 2021 melalui alamat web: membatik.kemdikbud.go.id.

Dalam rangkaian kegiatan MembaTIK juga dilaksanakan bimbingan teknis dan sosialisasi terkait membuat bahan ajar berbasis TIK yang dilaksanakan secara luring dan daring di beberapa kota/provinsi di Indonesia. Selain itu juga dalam rangka pendalaman materi terkait membuat bahan ajar berbasis TIK dilaksanakan secara daring melalui kegiatan Orkes: Obrolan Sukses Membuat Bahan Ajar Berbasis TIk dengan narasumber ahli di bidang media pembelajaran.

Sebanyak 381 konten  diunggah oleh peserta telah dilakukan seleksi oleh tim Pusdatin untuk menentukan 40 karya yang berhak masuk grandfinal MembaTIK 2021.

Proses penjurian MembaTIK 2021

Penjurian karya di grandfinal MembaTIK juga telah dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 November 2021 secara daring di Jakarta dengan tim Juri Ahli yang terdiri dari Pusdatin, praktisi dan guru-guru yang kompeten di bidang media. Dari grandfinal  terpilih peserta dengan konten-konten terbaik 1 s.d. 3 masing- masing kategori di MembaTIK 2021. Pengumuman karya terbaik MembaTIK 2021 dilakukan di acara Malam Anugerah Kihajar 2021 pada hari Kamis, 25 November 2021 di InterContinental Jakarta-Pondok Indah. Berikut karya terbaik dalam MembaTIK 2021:

Terbaik Augmented Reality

Terbaik Gim Edukasi

Terbaik Laboratorium Maya

Terbaik Motion Graphics