Inovasi Produk Pusdatin Kemendikbud Dukung Program Merdeka Belajar

0
4037

Penyelenggaraan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pada tahun 2020 ini, Pusdatin Kemendikbud melakukan inovasi  guna mendukung upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional dan pengayaan materi pelajaran di rumah.

Program Belajar dari Rumah ditengah Pandemi COVID-19 membuat aplikasi media pembelajaran yang dikembangkan Pusat data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud terus dikenalkan melalui berbagai platform media digital yang digandrungi masyarakat saat ini.

Rumah Belajar kini tak hanya dikembangkan pada ponsel pintar berbasis android namun juga dapat didunakan pada ponsel pintar berbasis IoS. Program Sapa DRB melalui konferensi video selama masa Belajar dari Rumah menjadi program unggulan dalam menemani siswa dalam belajar di rumah.

Tak hanya itu, TV Edukasi yang memiliki jargon “Santun dan Mencerdaskan” ini ikut melebarkan sayap dengan dapat diakses melalui aplikasi Vidio, Use tv, RCTI+ dan beberapa hari yang lalu juga diluncurkan kerjasama dengan platform milik Telkomsel, Maxtream. Hal ini bertujuan memudahkan pengguna mengakses dengan ragam pilihan kanal selain website Tv Edukasi yang dapat diakses melalui https://tve.kemdikbud.go.id/ dan Kanal Youtube Tv Edukasi.

Siaran Suara Edukasi juga sudah dapat didengar melalui aplikasi Spotify yang baru saja diluncurkan pada awal April 2020. Hingga tanggal 23 Mei 2020 jumlah pengguna aktif ketiga media pembelajaran ini diantaranya :

RUMAH BELAJAR 17.240.041 pengguna

TV EDUKASI 12.177.848 pengguna

SUARA EDUKASI 13.852 pengguna

“Kedepan konvergensi terhadap pengembangan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi diharapkan akan lebih luas lagi, serta dapat melakukan kolaborasi lebih baik untuk merespon New Normal pasca pandemik Covid-19.  Saya yakin pasti ada yg berkeringat dibalik setiap tepuk tangan, terimakasih untuk siapun itu semua,” ujar Hasan Chabibie selaku Kapusdatin Kemendikbud sembari mengajak menyaksikan Film Televisi yang berjudul Nada-Nada Kecil yang akan tayang di TVRI pukul 21.30 WIB.