10.038 Tim Terdaftar Pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC

0
1746

Jakarta (28/6)– Rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM 2021 resmi dimulai melalui tahapan pertama yakni KIHAJAR STEM BASIC. Hingga masa waktu pendaftaran ditutup pada Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 21.00 WIB, terdaftar 10.038 tim yang terdiri dari 3 orang berasal dari seluruh jenjang pendidikan, dengan rincian sebagai berikut:

  • SD : 2.720 Tim
  • SMP : 2.988 Tim
  • SMA : 3.421 Tim
  • SMK : 909 Tim

Mereka terdiri dari sekolah yang ada di wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC dilaksanakan secara daring, setiap tim dapat mengakses soal melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id lalu mengerjakan secara kolaboratif bersama anggota tim. Jumlah soal yang harus dijawab sebanyak 20 soal dengan waktu pengerjaan selama 90 menit.

Peserta di salah satu sekolah serius mengamati soal KIHAJAR STEM BASIC yang mana setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu tim

Soal yang diberikan bermuatan materi Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Pusdatin berkolaborasi bersama Klinik Pendidikan MIPA (KPM), pakar STEM, Pusat Assesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) Kemendikbud dalam penyusunan dan pengembangan soal STEM. Hal ini bertujuan agar melatih peserta untuk berfikir kritis, sistematis dan logis. Sesuai dengan program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek untuk menjawab segala tantangan di masa depan.

Pada tahap KIHAJAR STEM BASIC penentuan penilaian dan peringkat untuk tiap jenjang di masing-masing provinsi, adalah tim yang berhasil menjawab benar dari setiap soal dengan waktu tercepat. Peringkat bisa dilihat melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id/hasil-basic.

Peserta dari SILN bergabung secara daring

Penetapan 20 anggota tim yang berhak maju ke tahapan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE dari tiap jenjang pendidikan di masing-masing provinsi akan melalui surat keputusan yang ditandatangan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek. Surat keputusan akan dikeluarkan paling lambat pada Rabu, 30 Juni 2021, yang akan diumumkan melalui media sosial Instagram @tvedukasi_kemdikbud.

Pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC terbagi menjadi 2 tahap, penyelenggaraan untuk sekolah di wilayah Indonesia dilaksanakan pada  Minggu, 27 Juni 2021 pkl. 10.00 – 11.30 WIB sementara untuk SILN pada pkl. 13.00 – 14.30 WIB. Perbedaan pelaksanaan ini dilakukan karena terdapat perbedaan zonasi waktu yang jauh di wilayah SILN. Untuk efektifitas dan hasil yang maksimal maka hal tersebut dilakukan seperti yang diungkapkan ketua panitia KIHAJAR STEM Widawati.

Ketua Panitia KIHAJAR STEM 2021, Widawati PTP Ahli Muda Pusdatin Kemendikbudristek memberikan penjelasan babak KIHAJAR STEM BASIC

Ia juga menambahkan, untuk mengantisipasi kebocoran soal dan hal yang tidak diinginkan, maka panitia memberikan paket soal berbeda namun dengan tingkat kesulitan yang sama pada pelaksanaan untuk SILN.

Pemenang KIHAJAR STEM tahun 2021 akan mendapatkan tabungan pendidikan dari Pusdatin Kemdikbudristek. Kegiatan KIHAJAR STEM BASIC di siarkan melalui:

YouTube Televisi Edukasi https://www.youtube.com/watch?v=ARgB0XJkfx4

YouTube Rumah Belajar. https://www.youtube.com/watch?v=i38epxqmKmM

Radio Suara Edukasi https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id

Facebook Tvedukasi Kemdikbud https://www.facebook.com/tvedukasi.kemdikbud.9/posts/312101100590600

TIM KIHAJAR STEM