SMK Bhakti Praja Tegal: “Menyenangkan Berkunjung ke Pustekkom”

0
2074

Pada hari Rabu, 08 Agustus 2018, Pustekkom mendapat kunjungan dari 33 siswa SMK Bhakti Praja, Slawi, Tegal, Jawa Tengah, Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Akutansi. Rombongan tersebut diketuai oleh Herlina.

“Kami berkunjung ke Pustekkom ini, tujuannya adalah supaya anak didik kami dapat mengetahui lebih banyak ilmu teknologi yang dapat mereka manfaatkan untuk ke depannya khususnya untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, kami memilih Pustekkom sebagai tempat kunjungan kami, karena kami mengetahui Pustekkom sebagai Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.” jelas Herlina.

Aryuna Wahyudi selaku narasumber dari Pustekkom memberikan penjelasan mengenai sejarah Pustekkom dan layanan yang dimiliki oleh Pustekkom.

“Pustekkom memiliki berbagai layanan yang dapat diakses secara gratis dan ini sangat membantu kalian untuk belajar. Layanan yang dihasilkan oleh Pustekkom di antaranya adalah Televisi Edukasi, Rumah Belajar, Suara Edukasi, Radio Edukasi, Jardiknas dan m-edukasi”, jelas Aryuna Wahyudi.

Salah seorang siswa SMK Bhakti Praja, Slawi, Jawa Tengah menanyakan tentang bagaimana caranya untuk mengakses Rumah Belajar.

“Pertama-tama yang harus kalian lakukan adalah membuka laman Rumah Belajar yaitu belajar.kemdikbud.go.id. Setelah itu, klik menu daftar. Di situ ada pilihan guru, siswa, dan umum. Jika kalian seorang siswa, kalian pilih yang siswa.  Setelah itu kalian isi semua data yang harus kalian isi. Setelah selesai, berarti kalian sudah punya akun untuk login. Akun itu yang akan kalian gunakan untuk masuk dan mengakses semua fitur yang ada di Rumah Belajar,” jelas Aryuna Wahyudi.

Selanjutnya, para siswa melakukan mini tour ke berbagai fasilitas yang ada di Pustekkom, diantaranya Wahana Jelajah Angkasa, Studio Televisi Edukasi, HelpDesk/Contact CenterMaster Control Room (MCR), dan Studio Suara Edukasi.

Antusias mereka sangat terlihat pada saat mengunjungi Studio Televisi Edukasi, karena di studio Televisi Edukasi ini mereka diberikan kesempatan untuk melakukan simulasi peran sebagai narasumber dan pembawa acara dalam sebuah program acara. “Kunjungan ke Pustekkom sangat menyenangkan”, testimoni salah satu peserta pada akhir kunjungan. (Rizky Oetami)