Semangat PGRI pada Acara Workshop Penulisan Artikel Berbasis Multimedia dan Web

0
2834

Binar wajar peserta Workshop Penulisan Artikel Berbasis Multimedia dan Web, hasil kerja sama antara Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) dengan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), memperlihatkan semangat peserta sejak hari pertama kegiatan berlangsung.

Peserta workshop merupakan perwakilan guru-guru dari seluruh provinsi di Indonesia. Acara dijadwalkan akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 22 hingga 25 Mei 2018 di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Pada acara pembukaan dihadiri oleh Unifah Rosyidi selaku Ketua Umum Pengurus Besar PGRI dan Gatot Pramono selaku Kepala Bidang Pengembang Teknologi Pembelajaran Bidang Multimedia dan Web Pustekkom Kemendikbud, yang dalam hal ini mewakili Kepala Pustekkom Kemendikbud.

Gatot menyampaikan layanan-layanan yang dikembangkan oleh Pustekkom Kemendikbud, yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru sebagai sarana pendukung pembelajaran, “Dengan teknologi, kita dapat memberikan suatu pandangan baru untuk kegiatan pembelajaran di kelas, selain sebagai alat bantu untuk guru-guru”, kata Gatot.

Acara resmi dibuka oleh Unifah Rosyidi, dengan kata pembuka bahwa PGRI merupakan organisasi yang tidak pernah berganti nama atau padanannya. Hal ini disambut oleh peserta dengan seruan “PGRI abadi!” dan tepuk tangan yang riuh, menggambarkan semangat kesatuan dari PGRI.

Unifah berpesan bahwa PGRI bertekad untuk mendorong perubahan, karena guru merupakan lokomotif perubahan bangsa. Dengan menumbuhkan semangat guru dalam menulis, diharapkan akan menciptakan ide-ide yang baru. “Guru wajib untuk menulis, menulis menumbuhkan pikiran yang kritis, analistis, dan dapat mengkonstruksi pikiran secara jelas”, ujar Unifah.

Unifah berharap sinergi antara pihak juga dapat terjadi, sehingga akan menimbulkan efek domino  yang positif. Di akhir sambutannya, guru-guru menyerukan yel-yel “Hidup guru! Hidup PGRI! Hidup solidaritas! Yes!” secara bersama-sama penuh semangat.

Pada workshop kali ini, peserta juga akan mmelakukan praktik menulis pada hari ketiga. Sebelum itu, peserta dibekali dengan materi-materi seputar penulisan opini, artikel, bahkan buku bahan ajar. Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti materi Penulisan Opini akan disampaikan oleh Tri Haryono, Wakil Redaksi Pelaksana Kompas dan Penulisan Buku Bahan Ajar oleh Supriyatno, Kepala Bidang Perbukuan Puskurbuk, serta materi-materi terkait lain yang disampaikan oleh pengurus-pengurus PGRI baik di kota maupun provinsi.

Diharapkan setelah kegiatan ini, guru-guru akan aktif menulis. Terlebih lagi, Rumah Belajar baru saja meluncurkan laman blog yang dikembangkan sebagai wadah guru-guru untuk menuliskan opini, artikel ilmiah, maupun berita pendidikan yang ada di sekitarnya. Laman tersebut dapat diakses melalui http://pena.belajar.kemdikbud.go.id. Laman tersebut terbuka untuk seluruh guru di Indonesia. (Hendri Puspa Martasari)