Penyerahan Arsip Inaktif Pustekkom Dalam Rangka Efisiensi Pengelolaan Arsip

0
2742

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud menyerahkan arsip inaktif ke Pusat Arsip Kemendikbud di Ciketing pada Selasa, 9 April 2019. Arsip yang diserahkan sebanyak 82 boks arsip dari Bidang Pengembangan Jejaring tahun 2006 – 2013, yang akan digunakan kembali sesuai dengan nilai kegunaannya. Arsip tersebut diserahkan melalui berita acara serah terima pemindahan arsip yang ditandantangani oleh Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto dan Kepala Biro Umum, Ahmad Mahendra.

Tujuan dari penyerahan arsip ini sendiri dikarenakan arsip dinamis aktif yang telah habis masa retensinya, selain itu dengan adanya pemilahan arsip diharapkan akan menghasilkan efisiensi. Karena akan memudahkan pengawasan dan pemeliharaan terhadap arsip yang masih diperlukan dan bernilai tinggi.

Arsip sendiri dibedakan menurut fungsinya menjadi dua golongan, yaitu arsip dinamis dan arsip statis. Arsip dinamis adalah arsip yang dipergunakan secara langsung dalam perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan administrasi dalam suatu organisasi, arsip ini berada di masing-masing bagian kantor. Sedangkan, arsip statis merupakan arsip yang tidak dipergunakan secara langsung untuk perencanaan pelaksanaan, penyelenggaraan administrasi dalam suatu organisasi, arsip ini disimpan di lembaga kearsipan dalam hal ini ANRI.

Penyusutan arsip dinamis yang dilakukan dengan cara memindahkan arsip dinamis aktif yang memiliki frekuensi penggunaan rendah ke penyimpanan arsip inaktif ke Pusat Arsip Kemendikbud (Record Center Kemendikbud). Penyerahan arsip kali ini diwakili oleh arsiparis Pustekkom dan arsiparis Biro Umum.

Penulis: Hendri Puspa Martasari