Peluncuran KIHAJAR 2021 : Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar

0
1818

Pusdatin Kemendikbud (20/5) – Sebagai wujud sinergitas dan keberlanjutanya program dan kebijakan yang telah dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR)  tahun 2021 mengusung tema “Merdeka Belajar, Wujudkan Gen KIHAJAR Berkarakter dan Kompetitif”. GEN KIHAJAR adalah mereka siswa-siswi yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Kita Harus Belajar (KIHAJAR) setiap tahunnya sejak tahun 2006.

Program Merdeka Belajar yang salah satu tujuannya adalah memberikan ruang kebebasan siswa dan guru dalam proses belajar, sehingga dapat lebih menyenangkan dan memberikan hasil yang lebih maksimal. Selain itu program bantuan kuota data Internet yang diberikan, juga untuk mengakselerasi dan memfasilitasi siswa dan guru dalam mendukung proses pembelajaran di masa pandemi saat ini.

Untuk itu di tahun 2021 pelaksanaan KIHAJAR 2021 disajikan dengan lebih menarik dan lebih baik dari tahun 2021. Hal ini dikatakan dalam sambutan Plt. Kapusdatin Bapak M. Hasan Chabibie pada acara peluncuran KIHAJAR 2021 pada Kamis (20/5) pukul 13.00 WIB secara daring.

“Program KIHAJAR 2021 ini melanjutkan kesuksesan kompetensi KIHAJAR yang diadakan sejak tahun 2006 ini.  Program ini kami kemas dengan semenarik mungkin, serenyah mungkin dan semilenial mungkin untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi dalam pemanfaatan media belajar Rumah Belajar, Tv Edukasi dan Suara Edukasi”, ujar Hasan.

Hasan juga mengajak agar guru dan orang tua ikut dalam kegiatan KIHAJAR TIK Talks sebagai bagian peningkatan pembelajaran digital dan mempercepat kebangkitan generasi kita dalam mengoptimalkan transformasi digital pada setiap lini.

Hadir juga memberi sambutan Direktorat Jendral PAUD DIKDASMEN, Bapak Jumeri, S.Ip.,M.Si. Jumeri mengajak seluruh guru di Indonesia agar dapat mengajak siswa/i di seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan KIHAJAR 2021 ini.

“ Mari kita meriahkan dan sukseskan KIHAJAR tahun 2021. Karena dengan mengikuti KIHAJAR para siswa dapat menunjukkan kemampuannya beradaptasi menghadapi dinamika perubahan lingkungan pendidikan di era digital ini. Sehingga membuat Indonesia pulih dan bangkit menjadi bangsa yang memimpin peradaban di masa depan,” ujar Jumeri.

Sementara Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim sangat mendukung adanya kegiatan ini. Dengan 3 Varian yakni KIHAJAR STEM  dan KIHAJAR EXPLORER yang diperuntukan bagi siswa seluruh jenjang Pendidikan sangat diminati.

Pada tahun lalu sebanyak lebih dari 65.000 Siswa mendaftar mengikuti KIHAJAR, pada tahun ini Pusdatin Kemdikbud menargetkan 70.000 Peserta didik mendaftar. Begitu juga KIHAJAR TIK TALKS yang diperuntukan untuk Guru dan orangtua.

“ Saya mengajak bapak/ibu guru di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan siswa/I nya mengikuti KIHAJAR STEM dan EXPLORER tahun 2021. Program yang dikemas dalam bimbingan teknis  memiliki tujuan untuk memanfaatkan konten yang dimiliki oleh Televisi Edukasi (TV Edukasi), Radio Suara Edukasi dan Portal Rumah Belajar. Serta mendaftarkan diri bapak/ibu Guru pada pelaksanaan KIHAJAR TIK TALKS, sebagai bagian meningkatkan kompetensi dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran, “ ujar Mas Menteri Nadiem Makarim.

Selain dihadiri pejabat di lingkungan Kemendikbud dalam peluncuran KIHAJAR 2021 juga menyajikan hiburan yang menampilkan GEN KIHAJAR dari seluruh Indonesia. Peluncuran KIHAJAR 2021 dihadiri juga secara virtual oleh Balai Tekkom, Dinas Propinsi, LPMP dari 34 Propinsi dan Duta Rumah Belajar dari seluruh Indonesia. Dan disiarkan langsung melalui media sebagai berikut :

  1. TV Edukasi yang dapat diakses melalui satelit Telkom dan juga mitra TV Edukasi yang terdiri dari Usee TV, Vidio.com, Maxstream Telkomsel, Life Media Jogja, TV KU Semarang dan Batik TV Pekalongan.
  2. YouTube, Kemendikbud RI dan Televisi Edukasi
  3. Facebook, Pustekkom Kemdikbud.
  4. Instagram, tvedukasi_kemdikbud
  5. Aplikasi Televisi Edukasi berbasis Android.