Menjadi PTP yang Merdeka dan Sejahtera

0
1373

Pusdatin Kemendikbudristek (26/8) – Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 menjadi momentum berharga untuk kita melakukan refleksi atas kondisi saat ini. Pandemi Covid-19 yang telah kita lalui selama 2 tahun belakangan ini, telah memberikan dampak pada berbagai sisi kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan.

Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) sebagai salah satu jabatan fungsional yang terus bertumbuh ingin membuktikan eksistensinya. Bagaimana PTP mengupayakan inovasi dan solusi atas beragam masalah pembelajaran, dalam berbagai lingkup dan konteks? Bagaimana PTP sebagai professional dapat dilihat, didengar, dan dirasakan manfaatnya? Semua itu tentu perlu terus diikhtiarkan dan dibuktikan.

Sebaran JF PTP yang semakin besar (1233 PTP) yang berasal dari berbagai Kementerian Lembaga dan Unit, menjadi tantangan sekaligus peluang untuk terus membuktikan kebermanfaatan PTP. Dari sejumlah PTP yang ada pada berbagai instansi tersebut, berbagai karya muncul, baik dalam bentuk sumbangsih pemikiran, maupun karya nyata pendayagunaan teknologi dalam pembelajaran.

Untuk itu, mengambil momentum kemerdekaan RI ke-76, Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran (APTPI) akan mengadakan kegiatan daring yang nantinya akan dilakukan secara berkala, bertajuk “APTPI Berbagi”. APTPI Berbagi merupakan forum komunikasi bagi anggota APTPI, serta sebagai sarana berbagi praktik baik dan menguatkan peran dan fungsi PTP dalam berkontribusi memecahkan masalah pembelajaran sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Tema yang dipilih pada kegiatan APTPI Berbagi #bagian1 adalah “Menjadi PTP yang Merdeka dan Sejahtera”.

APTPI Berbagi bertujuan untuk:

  • Menjadi forum komunikasi, sinergi, dan kolaborasi para anggota APTPI;
  • Memberikan inspirasi bagi anggota APTPI untuk terus mengupayakan pengembangan diri dan peningkatan kompetensi dalam menjalankan tugas PTP;
  • Memotivasi para anggota APTPI untuk senantiasa berinovasi dalam membelajarkan generasi, pada berbagai kondisi, sesuai tugas dan fungsi;
  • Menyosialisasikan praktik baik di bidang pengembangan teknologi pembelajaran, yang telah dilakukan para anggota APTPI.

Ketua Umum APTPI, Dr. Purwanto dan Ketua Dewan Pembina APTPI yang juga merupakan Plt. Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si. juga turut memberikan pengantar dan sambutannya. Dalam pengantarnya, Ketua Umum APTPI menggarisbawahi agar PTP harus terus menumbuhkan wawasan dan memperluas kebermanfaatannya sesuai tugas dan fungsinya di Lembaga/ instansi masing-masing.

Selain itu, forum APTPI Berbagi diharapkan dapat menjadi inspirasi dan membagikan contoh baik untuk menambah semangat para PTP, untuk kemudian membuat kita semua bergerak melakukan sesuatu (ACTION).

Sementara Ketua Dewan Pembina APTPI menyampaikan harapannya terkait sinergi APTPI dan Instansi Pembina dapat mendorong pengembangan kompetensi, kemerdekaan berpikir, dan peningkatan  sumbangsih PTP di instansi masing-masing. Teknologi adalah kunci, adaptasi harus menjadi budaya baru yang tidak bisa dipisahkan.

Dr. M. Hasan Chabibie memberi sambutan

APTPI Berbagi episode 1 dibuka secara resmi oleh Ir. Suharti, M.A., Ph.D selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek. Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek berharap kepada PTP agar terus jadi PTP yang Merdeka, terus belajar sepanjang hayat, memberi kontribusi setiap saat. Dunia berubah dan berkembang setiap saat, karena itu PTP harus terus meningkatkan kompetensinya, berinovasi, berkreasi, menuju sejahtera lahir batin, NO STRESS!!!

“Terima semua penugasan dengan hati terbuka. Tuhan memberi tugas dengan pesan di belakangnya. Saat bekerja (menjalankan tugas ke-PTP-an), bayangkan para orang yang membutuhkan perhatian, support, bantuan kita. PTP harus ADA dan HADIR, memastikan proses pembelajaran berjalan baik, tidak terjadi LEARNING LOSS!,” ujar Suharti yang kembali bertugas di Kemendikbudristek setelah sempat bertugas di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir. Suharti, M.A., Ph.D turut hadir dalam APTPI Berbagi #1 didampingi Plt. Pusdatin Kemendikbudristek, Dr. M. Hasan Chabibie dan Ketua Umum APTPI, Dr. Purwanto serta Sesditjen GTK Kemendikbudristek, Prof. Nunuk Suryani

Pada akhirnya, forum APTPI Berbagi di episode perdananya diharapkan dapat menginpirasi para PTP dan anggota APTPI khususnya, untuk menjadi Well-being yang disampaikan Prof. Nunuk Suryani, Sesditjen GTK Kemendikbudristek. Menjadi PTP yang memiliki keberterimaan terhadap berbagai kondisi. Forum APTPI Berbagi juga memahamkan tentang lingkup Well-being yang tidak hanya terkait kesejahteraan secara materi, melainkan ada VALUES yang bisa terus disebarkan, INOVASI yang diciptakan, KOLABORASI yang terus digiatkan.

Sejahtera itu kita yang menciptakan, harus terus diupayakan. Kenali diri dan potensi, lejitkan, lalu realisasikan dalam berbagai konteks yang relevan dengan tugas ke-PTP-an yang diemban sesuai instansi masing-masing. Mari menjadi PTP yang Merdeka dan Sejahtera!

Prof Nunuk menyampaikan materi

Webinar juga diisi dengan berbagi praktik baik dari PTP Ahli Muda pada Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Kementerian Sekretariat Negara, Yudhi Ardinal, S.IP., MTrainDev. Di sela acara juga dilakukan kuis interaktif yang dipandu Karima Putri. Untuk kembali menyaksikan acara yang dipandu Rehita Rafinna Latief dapat disaksikan melalui Kanal Youtube APTPI https://www.youtube.com/watch?v=2HUiVpEDpv0