Mengembangkan Praktik Mengajar dan Kompetensi Diri Bersama Platform Merdeka Mengajar

0
2332

Jakarta (15/2) – Platform Merdeka Mengajar diluncurkan oleh Kemendikbudristek dirancang untuk memperlengkapi pendidik dalam pembelajaran terkini dan menuju pendidikan maju yang lebih baik untuk generasi penerus bangsa, serta mengembangkan kompetensi diri para pendidik.

Untuk itu, Pusdatin Kemendikbudristek sebagai bagian yang ikut dalam pengembangan platform Merdeka Mengajar menggelar sesi webinar untuk guru dan tenaga kependidikan agar dapat memanfaarkan platform yang diluncurkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim di Merdeka Belajar Episode 15.

Dihadiri langsung oleh Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si,Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, Lasty Devira Kesdu, GovTech Edu, Direktorat Digital Business & Technology Telkom Indonesia,Putri Lestari, GovTech Edu, Direktorat Digital Business & Technology Telkom Indonesia dan Pembawa Acara Steven dari REFO Indonesia kegiatan webinar yang digelar pada Senin (14/2) berjalan dengan santai disertai antusiasme peserta yang begitu banyak yang hadir dalam webinar yang disiarkan di kanal Youtube Televisi Edukasi dan REFO Indonesia.

Selama kurang lebih 1 jam webinar yang berlangsung dari pukul 18.45- 19.45 WIB dengan tema Mengembangkan Praktik Mengajar dan Kompetensi Diri Bersama Platform Merdeka Mengajar diharapkan dapat mengoptimalkan peran Platform Merdeka Belajar yang juga mendukung kehadiran Kurikulum Merdeka. Seperti yang disampaikan Kapusdatin, Dr. M. Hasan Chabibie .

” Kurikulum Merdeka yang dilaunching Mendikbudristek beberapa waktu lalu menempatkan pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan dari kurikulum Merdeka.Kehadiran platform Merdeka Mengajar dan kurikulum Merdeka Belajar menjadi dua kekuatan untuk serentak maju bersama,” harap Hasan Chabibie.

Kemendikbudristek berharap platform Merdeka Mengajar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan kemudian memberikan timbal balik berupa masukan untuk pengembangan kepada Kemendikbudristek.

“Sehingga lompatan di dunia pendidikan yang memanfaatkan teknologi dapat berjalan sebaik-baiknya,”

Sementara Lasty Devira Kesdu, memberikan penjelasan fitur perangkat ajar dan bahan ajar yang ada di platform Merdeka Mengajar yang menyediakan ribuan konten yang bisa dimanfaatkan oleh guru.


Putri Lestari juga ikut menjelaskan pemanfaatan platform Merdeka Mengajar meski belum menggunakan kurikulum merdeka/ paradigma baru. Untuk kembali menyimpak webinar ini dapat disaksikan di kanal Youtube Televisi Edukasi pada laman http://bit.ly/platformmerdeka_mengajar.

Pewarta : Amar Nugraha

Editor : Mgs. Fisika F