Keseruan Pustekkom di Pameran Orbit Habibie Festival

0
2245

Setiap tahun Orbit Habibie Festival diadakan dalam rangka menginspirasi anak-anak muda untuk berinovasi terutama pada bidang teknologi. Diadakan pada 17 sampai 19 Oktober 2019 di Jakarta International Expo, Kemayoran, acara kali ini merupakan edisi ke-7. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) tidak melewatkan kesempatan untuk ikut meramaikan pameran pada acara ini. Terlebih lagi, wafatnya BJ Habibie yang merupakan kehilangan besar bagi bangsa Indonesia, menjadikan momentum festival ini sebagai penghormatan mendalam.

Pada pameran yang digelar, Pustekkom Kemendikbud menyajikan layanan-layanan utama seperti Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id), TV Edukasi (tve.kemdikbud.go.id), dan Radio Suara Edukasi (suaraedukasi.kemdikbud.go.id), dengan tujuan menjaring kesadaran masyarakat akan layanan pembelajaran pemerintah berbasis digital yang gratis.

Untuk memeriahkan acara, Pustekkom mengadakan kuis-kuis interaktif terkait pengetahuan umum dan fitur-fitur pembelajaran yang telah dikembangkan. Ratusan siswa secara antusias mengikuti kuis yang diadakan selama beberapa sesi, karena kuis ini disimulasikan seperti lomba cerdas cermat.

Adapun sajian booth lain, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai pameran di bidang start-up edukasi, transportasi, dan kesehatan. Terlihat juga ratusan pengunjung mengantri untuk mencoba simulator pesawat R8, mini planetarium, transportasi listrik dan mockup dari pesawat N250. Di sela-sela pameran, berbagai seminar, diskusi, dan pelatihan terkait teknologi dan inovasi juga dilaksanakan, dari Robotika, Internet of Things, Artificial Intelligence, Virtual Reality, dan sebagainya.

Penulis: Hendri Puspa Martasari