GEN KIHAJAR dari 34 Propinsi Nyalakan Api Belajar Indonesia melalui Inovasi di KIHAJAR STEM

0
2412

9.354 GEN KIHAJAR dari 34 Propinsi dan luar negeri berhasil maju ke tahapan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE. Dengan rincian 9.246 peserta dari dalam negeri dan 108 dari peserta didik dari Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Propinsi Jawa Barat di peringkat pertama sebagai propinsi yang memiliki peserta didik terbanyak dengan 1.479 peserta didik dari semua jenjang Pendidikan, diikuti DKI JAKARTA dan Jawa Tengah di peringkat kedua dan ketiga.

Sedangkan untuk peserta didik di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terbanyak berasal dari SILN Arab Saudi dengan 50 peserta didiknya maju ke tahapan selanjutnya, diikuti SILN Singapura dan Malaysia berada di peringkat selanjutnya.

Peserta yang berhasil melaju ke tahapan berikutnya akan diumumkan oleh panitia pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 pada pukul 11.00 WIB melalui laman tve.kemdikbud.go.id. dan kihajar.kemdikbud.go.id.

Peserta yang berhasil maju ke tahapan berikutnya akan mendapatkan sertifikat digital, dan juga panitia menilai 10 peserta terbaik dari masing – masing jenjang Pendidikan akan mendapatkan hadiah tambahan.

Sedangkan bagi peserta yang tidak memenuhi nilai minimum akurasi jawaban, maka akan dinyatakan gugur dan tidak dapat maju ke tahapan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE.

Namun peserta masih dapat berpartisipasi dengan mengikuti KIHAJAR EXPLORER melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud yang selalu hadir setiap harinya dengan memberikan pertanyaan baru pada pukul 11.00 WIB. Puluhan hadih menarik menanti GEN KIHAJAR, yang dapat diperebutkan setiap harinya dengan menjawab soal-soal yang disiapkan.

Dari 64.555 peserta yang mendaftar, namun hanya 34.372 peserta dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan sederajatnya baik dalam negeri dan juga dari Sekolah Indonesia Luar Negeri yang terdaftar mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC pada Minggu, 09 Agustus 2020. Faktor kendala teknis yang dialami peserta seperti mati listrik, sinyal internet lemah di masing-masing daerah menjadi pemicu terbesar peserta tidak mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC secara daring.

Selain itu faktor lainnya adalah peserta tidak mengikuti pelaksanaan sesuai sesi yang telah ditetapkan panitia, hal ini disebabkan peserta tidak mengikuti tata cara pelaksanaan yakni untuk bergabung ke  dalam grup TELEGRAM yang telah disiapkan. Sehingga peserta tidak mendapatkan informasi terbaru mengenai waktu pelaksanaan sesi dengan cepat.

Penilaian peserta pada KIHAJAR STEM BASIC melalui presentase akurasi jawaban minimal pada rentan 60 – 80 % dari masing – masing soal yang diberikan di tiap-tiap jenjang, bagi siswa yang berhasil melewati nilai minimum tersebut maka berhak ke tahapan selanjutanya di KIHAJAR STEM Intermediate yang akan diselenggarakan pada Minggu, 23 Agustus 2020.

Besarnya semangat dan animo dari peserta didik mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC yang dilakukan secara daring, dan untuk pertama kalinya diselenggarakan untuk tingkat nasional ini, cukup memberikan harapan baru bahwa semangat pelajar Indonesia tetap menyala untuk terus belajar dan berinovasi melalui KIHAJAR STEM.

Inilah wujud dari pelaksanaan KIHAJAR tahun 2020 untuk menciptakan GEN KIHAJAR yang memiliki karakter Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila.

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR)

GEN KIHAJAR adalah sebutan bagi siswa-siswi yang turut serta dalam Kompetisi “Kita Harus Belajar” (KIHAJAR). Formula baru yang digunakan dalam kompetisi KIHAJAR di tahun 2020 ini bertujuan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan memiliki kompetensi abad 21.

Terlebih lagi GEN KIHAJAR sangat dekat dalam pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari–hari. Hal ini dikarenakan GEN KIHAJAR, generasi yang dikenal sebagai generasi digital native, yang sejak lahir sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai, dan Internet.

KIHAJAR STEM BASIC

KIHAJAR STEM BASIC merupakan proses tahap awal dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics.

KIHAJAR STEM BASIC diikuti sebanyak 64.555 Peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan sederajat baik dari dalam negeri dan luar negeri. Tujuan pelaksanaan KIHAJAR STEM BASIC yaitu sebagai seleksi tahap pertama dalam rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM.

Peserta akan mengerjakan 20 soal dengan materi terdiri dari Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. Peserta mengerjakan soal melalui aplikasi QUIZIZZ dengan durasi waktu mengerjakan selama 90 menit.

PANITIA KIHAJAR STEM