Diseminasi Pemanfaatan Layanan TIK Pustekkom ke P4TK BMTI Cimahi

0
2219

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) melaksanakan Diseminasi Pemanfaatan Rumah Belajar Online ke Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin dan Teknik Industri (P4TK BMTI), Cimahi, Jawa Barat pada 18 s.d 19 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara diseminasi ke P4TK, LP2KS, dan LP3TK KPTK di seluruh Indonesia yang telah dilaksankaan sejak 7 Mei 2019 lalu.

Selain untuk menyosialiasikan pemanfaatan Rumah Belajar dan TV Edukasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk koordinasi antara Pustekkom dan P4TK dalam rangka memperkaya konten yang ada di Rumah Belajar serta memaksimalkan fungsi jabatan fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) yang ada di P4TK.

“Rumah Belajar merupakan aplikasi yang cukup bagus karena memiliki fitur-fitur seperti Buku Sekolah Elektronik dan Laboratorium Maya yang sangat bermanfaat untuk pendidikan”, tutur Supriano, Kepala P4TK BMTI pada sambutan sekaligus pembukaan acara ini. “Harapannya, Rumah Belajar dan TV Edukasi dapat dikenal masyakarat seperti aplikasi-aplikasi belanja dan transportasi online”, lanjut Supriano.

Sekitar kurang lebih 50 peserta yang terdiri dari staf umum, staf teknis, widyaiswara, dan pengembang teknologi pembelajaran yang hadir pada kesempatan kali ini mendukung penyataan tersebut.

Pada kesempatan diseminasi kali ini, Mansur Fauzi selaku PTP Utama menyampaikan tugas dan fungsi Pustekkom Kemendikbud serta gambaran layanan dan produk yang telah dihasilkan.

“Rumah Belajar ke depannya akan menyediakan slot-slot khusus untuk P4TK, LP2KS dan LP3TK agar dapat mengkontribusikan konten-konten yang telah dihasilkan (masing-masing unit) ke Rumah Belajar”, pungkas Mansur.

Selain itu, sesi paparan dan diskusi terbuka dilanjutkan dengan penyampaian Sosialisasi Jabatan Fungsional PTP oleh Andamsari, Teknis Pemanfaatan Rumah Belajar dan TV Edukasi oleh Eni Susilawati dan Anas Abayasa.

Penulis: Hendri Puspa Martasari