“40 GEN KIHAJAR STEM Terbaik Dalam Gemilang 16 Tahun Televisi Edukasi”

0
5155

Pusdatin, Kemendikbud (13/10) – Rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM tahun 2020 mencapai puncaknya dengan menghasilkan 40 GEN KIAJAR STEM terbaik yang diambil dari 10 peserta terbaik dari tiap jenjang yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajatnya.

40 GEN KIHAJAR STEM terbaik ini bagian dari GEN KIHAJAR yang  merupakan pelajar yang telah turut serta dalam ajang Kuis KIHAJAR singkatan dari “Kita Harus Belajar”. Ajang yang digelar sejak 9 Agustus 2020 silam ini telah diikuti sebanyak 64.555 GEN KIHAJAR. Para peserta diajak untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 dalam pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Dalam pelaksanaan KIHAJAR STEM 2020, GEN KIHAJAR wajib membuat karya video berbasis STEM dan menyelesaikan soal akademis menggunakan aplikasi secara daring. Dengan komposisi penilaian 60 % kompetensi akademik dan 40% karya video STEM. 40 GEN KIHAJAR STEM ini akan membuktikan konsistensi, daya juang, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, berwawasan global dan berakhlak mulia sebagai bentuk pelajar Pancasila pada puncak acara KIHAJAR STEM 2020.

Pengumuman GEN KIHAJAR Terbaik

Dari GEN KIHAJAR untuk KIHAJAR adalah tema yang diusung pada puncak acara KIHAJAR STEM 2020. Hal ini tepat karena segala upaya dan kerja keras GEN KIHAJAR yang telah mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM sejak tanggal 09 Agustus 2020 lalu, hingga terakhir di 04 Oktober 2020 dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 300 Juta.

PESERTA TERBAIK KIHAJAR STEM 2020

Dari 301 GEN KIHAJAR dari seluruh jenjang pendidikan baik dari dalam dan luar negeri yang mengikuti tahapan Final KIHAJAR STEM  untuk menyelesaikan pertanyaan di bidang akademik, terpilihlah 10 besar terbaik dari masing – masing jenjang Pendidikan.

Nilai yang diraih merupakan hasil akumulasi dari nilai karya video STEM, maka dewan juri yang terdiri dari praktisi STEM, Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Tim ahli independent memutuskan 10 peserta terbaik dari masing – masing jenjang sebagai berikut;

VIDEO STEM TERBAIK

Sementara video terbaik dari 276 video STEM karya GEN KIHAJAR yang diunggah melalui YouTube dan dapat didampingi oleh guru pendamping/ orang tua juga didapatkan pemenangnya. Berdasarkan keputusan dewan juri yang melibatkan praktisi STEM, Ahli materi, Profesional dan Pengembang Teknologi Pembelajaran memutuskan 5 (lima) video STEM terbaik untuk masing – masing jenjang. Berikut adalah rincian video STEM terbaik untuk masing – masing jenjang:

PANITIA KIHAJAR STEM