3.940 GEN KIHAJAR Cerminan dari Pelajar Pancasila pada KIHAJAR STEM ADVANCED

0
2066

Pusdatin, Kemendikbud (6/9) – Sebanyak 3.940 peserta didik dari seluruh jenjang pendidikan mengikuti KIHAJAR STEM ADVANCED sebagai tahapan dari rangkaian kegiatan KIHAJAR STEM 2020. Jumlah tersebut terdiri  rincian untuk jenjang SD/MI sebanyak 1.980 siswa, SMP/MTS 1.209 siswa, SMA/MA 641 siswa dan SMK/MAK sebanyak 110 siswa. Peserta terdiri dari pelajar dari seluruh wilayah Indonesia dan juga berasal dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

KIHAJAR STEM ADVANCED merupakan lanjutan dari tahap pelaksanaan KIHAJAR STEM 2020 bagi seluruh jenjang pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. GEN KIHAJAR yang berhak mengikuti tahap ini adalah yang telah melewati verifikasi tahap kedua dari pelaksanaaan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE pada 23 Agustus 2020 lalu.

KIHAJAR STEM ADVANCED  merupakan seleksi tahap ketiga dalam rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM, yang dengan nilai batas ambang kelulusan pada akurasi 80%. Hal ini dilakukan karena KIHAJAR STEM ingin mendapatkan peserta terbaik dari yang terbaik untuk melangkah tahap selanjutnya.

GEN KIHAJAR dalam pelaksanaan KIHAJAR ADVANCED 2020

KIHAJAR STEM ADVANCED memiliki 3 indikator penilaian yakni  Akurasi 80 %, skoring mengikuti ketentuan QUIZIZZ dan terakhir adalah kuota panitia yang akan maju ke tahapan selanjutnya.

GEN KIHAJAR akan mengerjakan soal sebanyak 20 soal dengan materi terdiri dari Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics. GEN KIHAJAR menggunakan aplikasi QUIZIZZ untuk mengerjakan soal ini dengan durasi waktu selama 90 Menit. Setiap soal memiliki durasi waktu mengerjakan berbeda dengan soal lain, tergantung dari tingkat kesulitan soal.

KIHAJAR STEM 2020 juga diikuti peserta dari SILN, Alvaro Abiyya Azhar dari SILN Riyadh salah satunya

PRINSIP PENILAIAN

Pelaksanaan KIHAJAR STEM memiliki prinsip penilaian  sebagai berikut:

  1. Transparan; setiap proses penilaian dilakukan oleh tim juri professional dan dengan pengawasan internal sesuai dengan kaidah dan standar yang berlaku.
  2. Akuntabel; setiap tahapan dilakukan secara terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Kehati-hatian; Setiap proses penilaian dilakukan verifikasi dan validasi.
  4. Tanggung jawab; panitia akan mempertanggungjawabkan setiap proses dan hasil yang telah ditetapkan.

TAHAPAN PENILAIAN

Panitia melakukan 7 (tujuh) tahapan dalam penilaian untuk sampai pada penetapan GEN KIHAJAR yang maju ke tahapan selanjutnya, tahapannya terdiri dari:

  1. Pengumpulan data
  2. Pengolahan data tahap 1
  3. Verifikasi data tahap 1;
  4. Pengolahan data 2
  5. Verifikasi data tahap 2;
  6. Pengolahan data 3
  7. Verifikasi data tahap 3.

GEN KIHAJAR CERMINAN PELAJAR PANCASILA

KIHAJAR STEM ADVANCED dilaksanakan secara daring sebagai bagian dalam rangka meningkatkan kemampun literasi khususnya pemanfaatan Teknologi dalam pembelajaran. Melalui pelaksanaan KIHAJAR STEM akan menciptakan GEN KIHAJAR yang memiliki karakter Mandiri, Bernalar kritis, kreatif, gotong royong, berakhlak mulia dan kebhinekaan global sebagai wujud dari Pelajar Pancasila.

Proses pelaksanaan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE ini juga disiarkan secara langsung melalui siaran TV Edukasi, Radio Suara Edukasi serta juga di kanal YouTube Televisi Edukasi, Rumah Belajar, Facebook Live Tvedukasi Kemdikbud, Instagram tvedukasi_kemdikbud. Dengan menghadirkan dialog khusus dengan Praktisi STEM Nur Fitriana, MA, dan GEN KIHAJAR tahun 2019, KIHAJAR EXPLORER interaktif serta tersedia hadiah menarik.