3.047 Peserta KIHAJAR TIK Talks Sumatera Utara Rayakan HUT RI Ke-75

0
2102

Wujud apresiasi terhadap daerah terbanyak berpartisipasi dalam KIHAJAR STEM, sekaligus Optimalisasi Penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi digelar kegiatan KIHAJAR TIK Talks. Kegiatan ini juga mengangkat isu permasalahan Pendidikan daerah, yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring, dengan menghadirkan narasumber yang berasal dari praktisi Pendidikan, ahli pembelajaran dan juga pengembang teknologi pembelajaran.

Tujuan diselenggarakanya KIHAJAR TIK Talks meningkatkan kemampuan literasi pemanfaatan TIK, Kemandirian dalam pengembangan TIK untuk Pendidikan dan sebagai sarana sosialisasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Peserta dari kegiatan KIHAJAR TIK Talks ini adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, komunitas pendidik maupun orangtua murid.

Sumatera Utara menjadi provinsi pertama dari 8 Provinsi yang ditetapkan panitia menjadi penyelenggaraan KIHAJAR TIK Talks tahun 2020. Hal ini ditetapkan dengan perhitungan persentase jumlah siswa dari seluruh jenjang Pendidikan yang berada di suatu provinsi, dengan jumlah siswa yang mendaftar di pelaksanaan KIHAJAR STEM pada periode 23 Juli – 06 Agustus 2020.

8 provinsi tersebut terdiri dari D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Bali, Jambi, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

Seminar daring KIHAJAR TIK Talks bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75. Peserta yang mendaftar sebanyak 3.047 (tiga ribu empat puluh tujuh) peserta yang terdiri dari guru, tenaga Pendidikan, komunitas pendidik dan orangtua dari seluruh wilayah di Indonesia.

Seminar daring ini mengangkat tema “Transformasi Digital dalam Pendidikan” menghadirkan narasumber plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN KEMDIKBUD) Muhamad Hasan Chabibie, S.T.,M.Si. Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd., Kepala dinas Pendidikan kabupaten Deli Serdang H. Timur Tumanggor, S.Sos.,M.Ap. Perwakilan dari Redaxi, Astari Yanuarti, dan Duta Rumah Belajar provinsi Sumatera Utara, Kamila Harahap, S.Pd. Serta dipandu oleh moderator Riri Novita.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat terjadinya peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran dapat terus dilakukan oleh para guru, dengan memanfaatkan konten-konten yang tersedia oleh Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi. Sehingga dengan sinergis program yang terdapat di tingkat kabupaten/ provinsi akan menyalakan api belajar Pendidikan di Indonesia melalui guru-guru pengajar.

 Peserta yang telah mendaftar akan mendapatkan e-sertifikat, dan juga dapat mengikuti permainan interaktif dan mendapatkan hadiah istimewa dari KIHAJAR TIK Talks.

Acara ini juga disiarkan langsung melalu kanal YouTube Televisi Edukasi dan Rumah Belajar, juga melalui Facebook Pustekkom Kemdikbud, Tvedukasi Kemdikbud dan Group TVE. Sehingga dapat memperluas akses kepada guru yang berada di seluruh penjuru tanah air. Untuk menyaksikan kembali silahkan mengunjungi kanal Youtube Televisi Edukasi berikut ini.

PANITIA KIHAJAR STEM