1.882 Tim KIHAJAR STEM INTERMEDIATE Bersaing Rebut Tiket ke Final

0
1116

Pusdatin Kemendikbudristek,  (11/7) – Persaingan menuju babak KIHAJAR STEM FINAL sudah mulai tercium diantara1.882 tim yang mengikuti babak KIHAJAR STEM INTERMEDIATE 2021. Tim yang berasal dari seluruh jenjang pendidikan yang berasal dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terpilih dari 10.038 tim yang terdaftar dalam KIHAJAR STEM BASIC.

KIHAJAR STEM INTERMEDIATE 2021 digelar serentak pada Minggu (11/7) yang dimulai pada pukul 13.00 WIB. Pada tingkat Intermediate ini setiap tim yang terdiri dari 3 orang serentak bersamaan mengerjakan soal yang diberikan panitia. Tim berasal dari berbagai jenjang pendidikan yang terdiri dari:

  • SD : 467 Tim
  • SMP : 544 Tim
  • SMA : 605 Tim
  • SMK : 206 Tim

 Berdasarkan data yang diterima panitia hingga pelaksanaan berakhir tercatat 1.718 tim yang hadir mengikuti pelaksanaan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE. Pelaksanaan yang dilakukan secara daring ini, memberi kesempatan setiap tim untuk dapat mengakses soal melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id lalu mengerjakan secara kolaboratif bersama anggota tim.

Peserta KIHAJAR STEM INTERMEDIATE 2021

Soal yang diberikan bermuatan materi Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) dengan tingkat kesulitan INTERMEDIATE. Pusdatin berkolaborasi bersama Pusmenjar Kemdikbud, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dan pakar STEM dalam penyusunan dan pengembangan soal STEM tingkat Intermediate ini. Hal ini bertujuan agar melatih peserta untuk berpikir kritis, sistematis dan logis. Sebagai bentuk karakter dari Generasi KIHAJAR atau biasa disebut dengan GEN KIHAJAR.

GEN KIHAJAR merupakan representasi dari wujud profil pelajar Pancasila yang dalam proses pembelajarannya sesuai dengan program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek untuk menjawab segala tantangan di masa depan.

Hasil nilai pelaksanaan KIHAJAR STEM INTERMEDIATE dari masing-masing tim dapat dilihat melalui laman https://kihajar.kemdikbud.go.id/hasil-intermediate mulai pukul 15.00 WIB.

Laman KIHAJAR STEM

Posisi 3 (tiga) peringkat teratas dari masing-masing jenjang di seluruh Provinsi akan maju ke tahap berikutnya yakni KIHAJAR STEM FINAL. 377 tim dari seluruh jenjang akan berlaga di KIHAJAR STEM FINAL. Pelaksanaan KIHAJAR STEM FINAL yang akan dimulai tanggal 25 Juli 2021 akan terdiri dari 3 (tiga) kategori yakni:

  1. Problem Solving 25 Juli – 8 Agustus 2021
  2. Pembuatan VIDEO Bertema STEM 15 – 29 Agustus 2021
  3. Presentasi 13 – 17 September 2021

Dalam rangka memberikan persiapan tim di babak Final, Pusdatin Kemdikbudristek menyelenggarakan Bimbingan Teknis mulai 14 – 22 Juli 2021 secara daring. BIMTEK ini untuk memberikan pembimbingan bagi guru pendamping finalis KIHAJAR STEM, dalam melakukan penerapan model pembelajaran berbasis STEM dan pemanfaatan TV Edukasi dan Suara Edukasi untuk e-pembelajaran.

Penetapan tim yang berhak maju ke tahapan KIHAJAR STEM FINAL akan ditetapkan melalui surat keputusan yang ditandatangan Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemdikbudristek. Surat keputusan akan dikeluarkan paling lambat pada Selasa, 13 Juli 2021, yang akan diumumkan melalui media sosial Instagram @tvedukasi_kemdikbud.

Seluruh rangkaian pelaksanaan KIHAJAR STEM 2021 dilakukan secara daring dan menerapkan protokol Kesehatan. Selain itu seluruh peserta tidak dipungut biaya apapun dalam pelaksanaanya. Pemenang KIHAJAR STEM tahun 2021 akan mendapatkan tabungan pendidikan dari Pusdatin Kemdikbudristek.

Kegiatan KIHAJAR STEM INTERMDIATE dapat disaksikan melalui:

YouTube Televisi Edukasi https://www.youtube.com/watch?v=KR4LmoDFO08

YouTube Rumah Belajar. https://www.youtube.com/watch?v=blguIRq1Tg8

Radio Suara Edukasi https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id

Facebook Tvedukasi Kemdikbud https://www.facebook.com/live/producer/schedule/186441136831512

TIM KIHAJAR STEM 2021