Permenpan No. 3 Tahun 2021 Tentang Standar Kompetensi JF PTP Telah Terbit

0
5354

Pusdatin, Kemendikbud (31/3) – Telah terbit Standar Kompetensi JF PTP dengan dikeluarkannya Permenpan RB No.3 Tahun 2021. Standar Kompetensi JF PTP disusun untuk membantu pengembangan kompetensi dari pejabat fungsional PTP yang memiliki peran sebagai mitra pendidik dalam membangun sistem pendidikan dan pelatihan yang memanfaatkan teknologi.

Dalam Pasal 1 ayat 3 disebutkan Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran adalah standar kemampuan yang disyaratkan untuk dapat melakukan pekerjaan tertentu dalam bidang Penjaminan Mutu Pendidikan yang mencakup aspek pengetahuan, keahlian, serta sikap kerja tertentu yang relevan dengan tugas dan syarat jabatan.

Terdiri dari dua kompetensi yang harus dimiliki seorang JF PTP, Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural. Kompetensi Teknis yang dimadsus tertuang dalam Pasal 6 ayat 2 huruf a yang terdiri atas :

  1. analisis pengembangan teknologi pembelajaran;
  2. perancangan pengembangan teknologi pembelajaran
  3. pengembangan teknologi pembelajaran;
  4. penerapan model pembelajaran berbasis teknologi;
  5. difusi hasil pengembangan teknologi pembelajaran; dan
  6. pengendalian dan evaluasi terhadap penerapan model pembelajaran berbasis teknologi

Sedangkan Kompetensi Manajerial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) huruf b terdiri atas:

  1. integritas;
  2. kerja sama;
  3. komunikasi;
  4. orientasi pada hasil;
  5. pelayanan publik;
  6. pengembangan diri dan orang lain;
  7. mengelola perubahan; dan
  8. pengambilan keputusan.

Pada huruf c pada pasal 5 ayat (2), Kompetensi Sosial Kultural menginginkan seorang JF PTP sebagai perekat bangsa. Plt. Kapusdatin mengucapkan terima kasih kepada jajaran staf di Sekretariat JF PTP yang ada di Pusdatin Kemendikbud sebagai Instansi Pembina Teknis. Untuk mengunduh dokumen secara lengkap silahkan mengunduh file dibawah ini.
[embeddoc url=”http://pusdatin.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/Permenpan-Nomor-3-Tahun-2021-Tentang-SKJ-JF-PTP.pdf” download=”all” viewer=”google”]

 

Sumber :https://jabfungptp.kemdikbud.go.id/index.php/2021/03/16/permenpan-no-3-tahun-2021-tentang-standar-kompetensi-jf-ptp/